Minggu, 17 November 2013

BP KU BP MU



F. Tips Belajar yang Baik


          

    Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Berikut ini adalah tips belajar dalam menghadapi ujian atau ulangan, yaitu :

          1. Belajar Kelompok
                   Belajar kelompok merupakan kegiatan belajar yang sangat menyenangkan. Kita dapat bertukar pendapat dengan teman-teman lainnya. Hal-hal yang masih membingungkan dapat didiskusikan dengan teman lainnya. Namun belajar kelompok tetap memerlukan pendamping agar tujuan belajar dapat tercapai.

          2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
                   Untuk memudahkan kamu dapat memahami pelajaran sebaiknya kamu perlu membuat catatan intisari pelajaran. Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil (taking notes) yang dapat dibawa ke mana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada.

          3. Membuat Perencanaan yang Baik
                   Menyusun rencana merupakan bagian dari suatu kegiatan. Oleh karena itu, ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan

          4. Disiplin dalam Belajar
                   Disiplin merupakan salah satu unsur kesuksesan dalam belajar. Apabila kamu telam membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Misalnya kapan harus belajar, berapa lama, materinya apa saja dan sebagainya.

          5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
                   Malu bertanya akan sesat di jalan. Pepatah ini sangat tepat jika dikaitkan dengan belajar. Janganlah malu untuk menanyakan berbagai hal yang belum kamu kuasai dengan baik. Bertanya bukan menguji, artinya kamu memang benar-benar belum memahami dengan baik apa yang kamu tanyakan. Sehingga dengan bertanya kamu semakin paham.

          6. Belajar dengan Serius dan Tekun
                   Belajar membutuhkan keseriusan. Buatlah catatn-catatan kecil untuk digunakan sebagai bahan mengulang kembali saat di luar kelas. Catatan sangat diperlukan untuk mempermudah mengulang materi pelajaran tanpa harus membuka buku catatan. Namun hendaknya catatan bukan digunakan untuk mencontek atau berbuat yang tidak jujur

          7. Hindari Belajar Berlebihan
                   Semakin kamu sering belajar, maka hasilnya akan semakin baik. Jangan menumpuk materi atau menjadi satu waktu untuk mempelajari semua matei pelajaran. Biasanya yang dilakukan oleh siswa adalah mempelajari semua materi dalam hari menjelang ujian besoknya. Sehingga mereka akan belajar hingga larut malam. Padahal cara seperti ini jelas salah, karena kita jadi stress karena banyaknya materi yang belum dipelajari.

          8. Jujur dalam Mengerjakan Ulangan dan Ujian
                   Ada sebuah ungkapan bahwa korupsi sesungguhnya sudah dimulai sejak bangku sekolah. Oleh karena itu, hindari menyontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Menyontek dapat membuat sifat curang dan pembohong.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar